BBKSDA Jabar Selamatkan 950 Ekor Satwa Liar di 2017

by / Comments Off on BBKSDA Jabar Selamatkan 950 Ekor Satwa Liar di 2017 / 7 View / December 29, 2017

Bandung – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar sepanjang 2017 ini telah menyelamatkan sebanyak 950 ekor satwa liar. Sebagian besar satwa liar tersebut merupakan penyerahan dari masyarakat.

Kepala BBKSDA Jabar Sustyo Iriyono mengatakan tingginya penyelamat satwa liar ini tak lepas dari kesadaran masyarakat. Pada 2017, BBKSA Jabar hanya bisa menyelamatkan 122 ekor satwa liar.

“Tahun ini (2017) meningkat tajam, ini tak lepas peran serta dan kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa liar yang mereka pelihara,” kata Sustyo di kantor BBKSDA Jabar, Jalan Gedebage, Kota Bandung, Jumat (29/12/2017).

Ia menuturkan sebagian besar satwa liar yang berhasil diselamatkan yaitu jenis burung, Owa Jawa hingga Kukang. Saat ini satwa-satwa tersebut ada yang masih dalam tahap rehabilitasi hingga pelepas liaran.

“Tahun ini kami sudah melakukan pelepas liaran 425 satwa liar jenis burung paling banyak,” tuturnya.

“Sebagian besar yang kami selamatkan merupakan satwa dilindungi,” ucap Sustyo menambahkan.

Ia menuturkan penyelamatan satwa liar ini bukan hanya dari penyerahan masyarakat, tetapi juga penegakan hukum. Bahkan, sambung dia, beberapa kasus tengah berproses di pengadilan.

“Tahun ini ada sekitar lima kasus perdagangan satwa liar sudah masuk di pengadilan. Kalau masyarakat yang memelihara masih ada toleransi, kami melakukan pendekatan persuasif,” kata Sustyo
(bbn/bbn)

source: nesw.detik.com

Related Posts

  • 52
    Tim gabungan dari Polres Malang, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan-Kementerian​ Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Center for Orangutan Protection (COP), berhasil menggagalkan perdagangan satwa liar dilindungi. Dua warga yang berdomisili di Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, merupakan pelaku utamanya. Saat penggerebekan, Jumat (14/07/2017), dari rumah…
    Tags: yang, satwa, ini, dari, di, liar
  • 51
    Sebanyak tujuh individu kukang sumatera (Nycticebus coucang) diamankan Satuan Reserse Kriminal (satreskrim) Polresta Kediri, Kamis (13/07/2017), dari seorang berinisial S alias Gogon, di wilayah Kelurahan Campur Rejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Aparat kepolisian mendapatkan informasi awal dari masyarakat sekitar, yang melihat adanya aktivitas keluar masuknya satwa liar di…
    Tags: satwa, di, yang, liar, ini, dari