BBKSDA Jabar Selamatkan 950 Ekor Satwa Liar di 2017

by / Comments Off on BBKSDA Jabar Selamatkan 950 Ekor Satwa Liar di 2017 / 19 View / December 29, 2017

Bandung – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar sepanjang 2017 ini telah menyelamatkan sebanyak 950 ekor satwa liar. Sebagian besar satwa liar tersebut merupakan penyerahan dari masyarakat.

Kepala BBKSDA Jabar Sustyo Iriyono mengatakan tingginya penyelamat satwa liar ini tak lepas dari kesadaran masyarakat. Pada 2017, BBKSA Jabar hanya bisa menyelamatkan 122 ekor satwa liar.

“Tahun ini (2017) meningkat tajam, ini tak lepas peran serta dan kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa liar yang mereka pelihara,” kata Sustyo di kantor BBKSDA Jabar, Jalan Gedebage, Kota Bandung, Jumat (29/12/2017).

Ia menuturkan sebagian besar satwa liar yang berhasil diselamatkan yaitu jenis burung, Owa Jawa hingga Kukang. Saat ini satwa-satwa tersebut ada yang masih dalam tahap rehabilitasi hingga pelepas liaran.

“Tahun ini kami sudah melakukan pelepas liaran 425 satwa liar jenis burung paling banyak,” tuturnya.

“Sebagian besar yang kami selamatkan merupakan satwa dilindungi,” ucap Sustyo menambahkan.

Ia menuturkan penyelamatan satwa liar ini bukan hanya dari penyerahan masyarakat, tetapi juga penegakan hukum. Bahkan, sambung dia, beberapa kasus tengah berproses di pengadilan.

“Tahun ini ada sekitar lima kasus perdagangan satwa liar sudah masuk di pengadilan. Kalau masyarakat yang memelihara masih ada toleransi, kami melakukan pendekatan persuasif,” kata Sustyo
(bbn/bbn)

source: nesw.detik.com

Related Posts

  • 64
    Upaya penegakan hukum yang dilakukan penyidik Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PamGakkum KLHK) Wilayah Sumatera dan penyidik kepolisian dalam memberantas kejahatan tumbuhan dan satwa liar ini, merupakan persoalan besar. Tidak adanya hukuman maksimal di tingkat pengadilan yang membuat pelaku kejahatan jera alias tidak mengulangi perbuatannya…
    Tags: yang, satwa, di, ini, liar, ada, dari
  • 53
    REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jeifil Esa (JA), oknum kader konservasi di Sumatra Barat (Sumbar) yang ketahuan memperdagangkan satwa liar divonis vonis tiga tahun enam bulan penjara dengan denda Rp 100 juta dan subsider enam bulan kurungan oleh Pengadilan Negeri Lubuk Basung, Agam, Sumbar. Ia dihukum setelah melakukan perdagangan kukang pada tahun lalu.…
    Tags: yang, satwa, di, liar, tahun, dari