DLH Bitung Godok Perda Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar

by / Comments Off on DLH Bitung Godok Perda Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar / 45 View / March 11, 2019

LH Bitung Godok Perda Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung tengah menggodok peraturan daerah tentang perlindungan tumbuhan dan satwa liar.

Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini bekerja sama dengan BKSDA Sulut dan EPASS.

“Kami sementara godok. Pekan depan akan ada FGD untuk meminta masukan dari pihak yang ahli di bidangnya, untuk poin-poin dalam perda ini,” ujar Jefry Kandowangko, Kabid menjadi Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, akhir pekan lalu.

Poin penting dalam perda ini yakni perlindungan satwa liar dan tumbuhan.

Apalagi Kota Bitung adalah kota pelabuhan yang rawan penyelundupan satwa ini. Dalam perda ini turut menyosialisasikan satwa-satwa dilindungi.

“Sebenarnya kami sudah ada satgas perlindungan tumbuhan dan satwa liar. Namun untuk memperkuat itu membuat perda, biar ada efek jera bagi masyarakat yang melanggar aturan mengenai tumbuhan dan satwa liar,” jelasnya.

BKSDA Sulut, Hendrik Rundengan meminta semua pihak di Kota Bitung untuk sama-sama menjaga kawasan konservasi, Cagar Alam Tangkoko dan semua satwa liar dan dilindungi.

“Kami berharap kerja sama semua pihak untuk sama-sama menjaga alam kita,” jelasnya.

(Tribun Manado/Finneke Wolajan)



Artikel ini telah tayang di tribunmanado.co.id dengan judul DLH Bitung Godok Perda Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar, http://manado.tribunnews.com/2019/03/10/dlh-bitung-godok-perda-perlindungan-tumbuhan-dan-satwa-liar.
Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Alexander Pattyranie

Related Posts

  • 76
    Johannesburg¬†- Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, dan, di, untuk
  • 66
    Upaya penegakan hukum yang dilakukan penyidik Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PamGakkum KLHK) Wilayah Sumatera dan penyidik kepolisian dalam memberantas kejahatan tumbuhan dan satwa liar ini, merupakan persoalan besar. Tidak adanya hukuman maksimal di tingkat pengadilan yang membuat pelaku kejahatan jera alias tidak mengulangi perbuatannya…
    Tags: yang, dan, satwa, di, ini, liar, ada