Ini Robber Fly, Serangga Predator yang Ditakuti

by / Comments Off on Ini Robber Fly, Serangga Predator yang Ditakuti / 10 View / September 3, 2018

Bentuknya memang mungil, tetapi predikat yang disandang mahluk mungil ini, cukup luarbiasa, yaitu predator dunia serangga.

Dalam kerajaan serangga, memang cukup banyak serangga yang dikenal sebagai predator atau golongan karnivora. Tercatat bahwa serangga predator ada di hampir semua ordo serangga, tetapi selama ini hanya beberapa ordo yang anggotanya merupakan predator yang digunakan dalam pengendalian hayati.

Ordo-ordo itu adalah Coleoptera famili Carabidae dan CoccinellidaeOrthoptera famili MantidaeDiptera famili Asilidae dan SyrphidaeOdonata famili Coenagrionidae dan AeshnidaeHemiptera famili MiridaeReduviidaePentatomidae dan MesoveliidaeNeuroptera famili ChrysopidaeHymenoptera famili Formicidae.

Dari sekian banyak entomofaga, baru sekitar 15-16% yang telah teridentifikasi sebagai agen pengendali hayati (An introduction to Anthropod Pes Control, J.R.M. Thacker, Dept of Biological Sciences University of Paisley, UK dan laman tentang serangga predator).

baca : Kamuflase Unik Serangga yang Tidak Terbayangkan Sebelumnya

 

Robber fly dari famili Asilidae, salah satu jenis lalat predator yang agresif. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Dan serangga predator yang ini, tidak pandang bulu dalam berburu mangsanya. Serangga ini akan menyergap secara tiba-tiba mangsanya, tidak peduli itu serangga hama ataupun bukan. Merampok nyawa serangga lainnya adalah kegiatan utama yang dilakukannya dalam kehidupannya sehari-hari. Ini sesuai dengan namanya, yaitu lalat perampok atau robber fly.

Cara berburunya pun cukup luar biasa. Robber fly tidak menyergap mangsanya di daratan atau di dedaunan, melainkan ketika serangga yang menjadi mangsa itu sedang terbang. Lalat Perampok adalah salah satu lalat predator yang sangat kuat dan mematikan. Walaupun menyandang nama lalat, tetapi lalat perampok sangat berbeda dengan lalat yang lainnya.

Selain memiliki penglihatan yang tajam, dapat terbang dengan kecepatan tinggi, dan menangkap mangsanya di udara. Lalat ini juga akan menyuntikkan racun saraf dan cairan pencerna lewat mulutnya terhadap mangsanya, untuk kemudian ia hisap cairan tubuh mangsanya hingga kering (Insects, Martin Walters).

baca juga : Serangga ini Dinobatkan Sebagai Serangga Terpanjang di Dunia

 

Robber fly dari famili Asilidae, salah satu jenis lalat predator yang agresif yang memangsa spesies yang ukurannya lebih kecil. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Robber fly dari famili Asilidae, salah satu jenis lalat perampok adalah salah satu lalat predator yang sangat kuat dan mematikan. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Hampir semua jenis serangga kecil merupakan mangsa dari lalat ini, bahkan jaring laba-laba yang kuat tidak mampu menahan laju dari lalat ini. Meskipun lalat ini memiliki racun, namun ia tidak berbahaya bagi manusia, hanya saja jika digigit oleh lalat ini, maka rasa sakit yang ditimbulkan akan luar biasa.

Robber fly (Asilidae) adalah predator yang agresif. Dia mencari mangsa secara aktif pada siang hari. Lalat Asilidae juga diketahui memiliki kaki yang kuat serta berduri, dan mereka memiliki tiga mata tunggal dalam suatu lekukan khusus di atas kepala mereka di antara dua mata majemuk besar.

Mereka juga memiliki bulu-bulu kaku yang rapat di wajah yang disebut mystax, suatu istilah yang berasal dari bahasa Yunani mystakos yang artinya “kumis” atau “bibir atas”. Mystax diduga merupakan upaya perlindungan bagi kepala dan wajah ketika sedang berburu.

menarik dibaca : 7 Serangga yang Membuat Anda Berdecak Kagum

 

Robber fly dari famili Asilidae, salah satu jenis lalat yang emiliki bulu-bulu kaku yang rapat di wajah yang disebut mystax, dari bahasa Yunani mystakos yang artinya “kumis” atau “bibir atas”. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Beberapa Asilidae memangsa serangga-serangga lain yan juga terkenal kuat dan tangguh termasuk Hymenoptera penyengat, belalang yang kuat, capung, dan bahkan Asilidae lainnya. Tetapi berapa lalat perampok hanya memangsa spesies yang ukurannya lebih kecil (wikipedia)

Bentuknya yang unik dan indah, membuatnya sering menjadi incaran para penghobi fotografi macro.

 

sumber: momngabay.co.id

Related Posts

  • 57
    Johannesburg - Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, dan
  • 55
    erhelatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan tak lama lagi. Namun dalam serangkaian kampanye para kandidat, baik di media massa, kampanye langsung hingga debat, belum terlihat gambaran yang jelas bagaimana pengelolaan lingkungan hidup mereka. Dalam dialog Mongabay-Indonesia bekerja sama dengan Kampung Buku, di Kampung Buku, Selasa (5/6/2018) lalu, sejumlah…
    Tags: yang, dan, ini