Ratusan Satwa Langka Diselundupkan Melalui Bandara Soetta

by / Comments Off on Ratusan Satwa Langka Diselundupkan Melalui Bandara Soetta / 24 View / September 15, 2017

WARTA KOTA, TANGERANG — Sebanyak 101 ekor satwa langka diselundupkan melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Aksi penyelundupan tersebut berhasil digagalkan dan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Jakarta pada Kamis (14/9/2017)

Ada pun rinciannya yakni, 65 ekor kura-kura dari berbagai jenis (2 ekor mati), 9 ekor ular, 5 ekor Biawak, 10 ekor buaya, 4 ekor musang (3 ekor mati) dan 8 ekor lintah.

Sejumlah satwa langka yang diselundupkan melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Jakarta pada Kamis (14/9/2017). (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soetta, Eliza Suryati Roesli menjelaskan, satwa yang digagalkan penyeludupannya tersebut beberapa di antaranya merupakan hewan yang dilindungi atau tergolong appendik-1.

“Hewan dilindungi atau yang termasuk dalam appendik 1 ini dilarang diperdagangkan atau dilalu lintaskan ke luar negeri,” ujar Eliza saat ditemui di Instalasi Karantina Hewan Bandara Soetta, Kamis (14/9/2017).

Beberapa jenis hewan yang dilindungi dan termasuk Appendik 1 antara lain kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta) sebanyak 9 ekor, Buaya muara (Crocodylus porosus) sebanyak 8 ekor (1 ekor dalam kondisi mati), dan Buaya Sinyulong ( Tomistoma schelegeli) sebanyak 2 ekor.

Menurut Eliza, saat ini pihaknya telah melakukan penahanan terhadap seorang pelaku dengan inisial AA (29).

Pelaku merupakan WN Arab Saudi dan tengah diperiksa oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BBKP Bandara Soetta.

“PPNS kami sedang melakukan penyelidikan untuk pengembangan lebih lanjut,” ucapnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku terancam kurungan 6 tahun penjara. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tentang Karantina Hewan dan Konservasi alam.

AA pun terpaksa gagal terbang dan ditahan di Bandara Soetta. Ia diamankan petugas Avsec lantaran kedapatan membawa sebanyak 101 hewan yang dilindungi saat diperiksa di Terminal 3 Bandara Soetta, Rabu (13/9) kemarin. (*)

Source: http://wartakota.tribunnews.com

Related Posts

  • 68
    Johannesburg - Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, dan, di
  • 51
    Penjualan ikan, mamalia laut dan biota laut yang dilindungi kembali ditemukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di sebuah pasar tradisional di Waiwadan, kecamatan Adonara Barat, kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, di tengah gencarnya Dinas Kelautan dan Perikanan Flores Timur (DKP Flotim) memberantas pelaku penangkapan dan penjualnya. Pokmawas dan DKP Flotim…
    Tags: dan, di, yang, dilindungi