Sekali lagi, Penyerahan Satwa oleh Masyarakat Kepada BKSDA Kalbar

by / Comments Off on Sekali lagi, Penyerahan Satwa oleh Masyarakat Kepada BKSDA Kalbar / 20 View / October 17, 2017

Sintang, 17 Oktober 2017. Tim Gugus Tugas Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Sintang Balai KSDA Kalimantan Barat kembali melakukan rescue/penyelamatan satwa liar yang dilindungi Undang-Undang dari jenis Klempiau (Hylobates sp).

Diawali dari anjangsana kepada pemelihara satwa klempiau Bp Darsono Jumat, 13 Oktober 2017 di Jalan Lintas Pontianak Pal 4 Gang Alas Nomor 1. Beliau menuturkan bahwa satwa tersebut milik anaknya yang bernama Agus dan merupakan pemberian dari teman. Kepada petugas, ayah pemilik satwa tersebut meminta waktu untuk memberikan pengertian kepada anaknya mengenai status hukum satwa dan harus dikembalikan ke alam.

Senin (16/10/2017), akhirnya tim berhasil memindahkan klempiau tersebut dari kandang asal ke kandang transit milik SKW II Sintang. Proses pemindahan satwa yang tergolong aktif ini bukanlah perkara mudah, tim yang dibantu oleh dokter hewan harus membius terlebih dahulu untuk menenangkan satwa.

Dalam melaksanakan tugasnya, Tim Gugus Tugas TSL Seksi Konservasi Wilayah 2 Sintang beranggotakan 5 orang yang terdiri dari 1 orang Polisi Kehutanan, 1 orang fungsional PEH, 2 orang petugas KPHK serta 1 orang dokter hewan pendamping yang berasal dari SOC/Yayasan Kobus.

Untuk selanjutnya, satwa tersebut akan direhabilitasi terlebih dahulu dengan menitip rawatkan ke pusat rehabilitasi satwa, sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Related Posts

  • 67
    Johannesburg - Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, dan, untuk
  • 54
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Tiga ekor Lumba-lumba, Satu jenis Hidung Botol dan dua lainnya jenis lumba-lumba Poemintal sengaja ditangkap di perairan kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Lumba-lumba tersebut dimasukan ke dalam kolam dangkal yang berisi lebih dari 30 ekor Hiu di Pulau menjangan besar, Karimunjawa, Jawa Tengah. ''Kondisi lumba-lumba dalam kolam tersebut…
    Tags: dan, yang, satwa, dari, untuk