Tahun Ini Terjadi Ratusan Perburuan Satwa Liar di Kawasan Ekosistem Leuser

by / Comments Off on Tahun Ini Terjadi Ratusan Perburuan Satwa Liar di Kawasan Ekosistem Leuser / 65 View / September 13, 2017

KBR, Lhokseumawe – Praktik perburuan satwa liar terus terjadi di Kawasan Ekosistem Leuser di Provinsi Aceh. Tahun ini saja terjadi 142 kasus perburuan satwa liar di 12 kabupaten kota di Aceh.

Manajer Forum Konservasi Leuser Rudi Putra mengatakan ada lebih dari 200 alat jerat atau perangkap yang digunakan oleh para pelaku yang kini disita dan dimusnahkan.

Rudi Putra mengatakan sebagian besar satwa liar yang diburu adalah harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), beruang madu (Helarctos malayanus), orangutan (Pongo abelii) dan lain-lain.

“Sangat-sangat berbahaya, apalagi Aceh ini kan sudah menjadi tempat terakhir untuk satwa-satwa. Kita anggap ini sebagai harapan terakhir karena di tempat lain sudah habis. Jadi kalau satwa liar di hutan Aceh habis, ya habislah semuanya. Artinya, bukan hanya di Aceh saja, tapi juga ikut berdampak terhadap kelangsungan spesies langka dunia,” kata Rudi kepada KBR, Senin (11/9/2017).

Manajer Forum Konservasi Leuser, Rudi Putra mengatakan saat ini tim patroli dari FKL terus melakukan patroli di area Leuser dalam rangka penyelamatan satwa liar dari perburuan. Patroli terutama di kawasan paling banyak terdapat perburuan yaitu di perbatasan hutan Aceh dengan Provinsi Sumatera Utara.

Tingginya perburuan terhadap satwa dilindungi, kata Rudi, bisa berdampak buruk pada kelestarian dan keanekaragaman hutan Leuser.

“Sepanjang tahun ini saja sudah ada enam orang pemburu satwa yang ditangkap dan diserahkan ke polisi. Kami juga mencatat ada 44 kamp pemburu yang sudah dimusnahkan di hutan,” kata Rudi.

Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) meliputi 12 kabupaten kota yaitu Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Utara, Subulussalam, Nagan Raya, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya dan Aceh Tengah.

Editor: Agus Luqman

Source: http://kbr.id/

Related Posts

  • 71
    REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 240 jeratan satwa liar telah ditemukan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Provinsi Aceh. Temuan itu didapati Forum Konservasi Leuser (FKL) pada triwulan pertama 2018. "Januari hingga Maret 2018 kami menemukan sebanyak 240 jerat satwa liar yang dilindungi undang-undang di kawasan Gunung Leuser,"…
    Tags: aceh, dan, di, satwa, yang, liar, hutan, leuser, kawasan
  • 69
    Johannesburg - Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, dan, di