Tiga Orangutan Dilepasliarkan Di Gunung Palung

by / Comments Off on Tiga Orangutan Dilepasliarkan Di Gunung Palung / 50 View / May 28, 2019

KalbarOnline, Kayong Utara – Tiga orangutan dilepasliarkan oleh petugas Resort Sukadana SKW I Ketapang bersama petugas YIARI dan petugas Taman Nasional Gunung Palung serta masyarakat Desa Batu Barat.

Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, Sadtata Adirahmanta, S.Hut., M.T mengatakan ketiga satwa tersebut dilepasliarkan di Sungai Kubang, Desa Batu Barat, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Jumat (24/5/2019) lalu.

Dirinya mengungkapkan beberapa faktor yang menyebabkan orangutan dan satwa lainnya meninggalkan hutan yang menjadi habitnya.

“Faktor tersebut antaranya ketersedian sumber makanan yang semakin sulit, hingga kerusakan hutan yang menjadi habitat satwa yang dilindungi ini. Konflik satwa dan manusia akan selalu terjadi bila manusia tidak bijaksana dalam memperlakukan alam,” jelasnya saat diwawancarai, Minggu (26/5/2019).

Ia berharap ke depannya baik pemerintah hingga pihak terkait dapat bersama-sama mengatur kebijakan dan aturan terkait pemanfaatan lahan yang ada, sehingga tidak menimbulkan konflik antara satwa liar dan manusia.

manusia.

Related Posts

  • 60
    REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, mencatat sepanjang Januari hingga November 2017 telah melakukan penyelamatan terhadap 429 ekor atau sekitar 28 jenis satwa liar. Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan, ke-429 ekor satwa liar yang diselamatkan tersebut, hasil penyerahan masyarakat dan hasil sitaan dalam…
    Tags: satwa, liar, yang, di, ke, tersebut, dan, bksda, masyarakat, konservasi
  • 55
    Johannesburg - Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, dan, di