Tim Explorasi Biodiversitas Bukit Semujan Temukan Seekor Langur Borneo

by / Comments Off on Tim Explorasi Biodiversitas Bukit Semujan Temukan Seekor Langur Borneo / 14 View / May 2, 2018

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU – Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Arief Mahmud menyatakan, Tim explorasi biodiversitas Bukit Semujan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TaNa Bentarum) kembali menorehkan kejutan, dimana telah menemukan seekor Langur Borneo (Presbytis chrysomelas ssp. cruciger Thomas, 1892).

Langur Borneo itu ditemukan secara tak terduga tiba-tiba muncul di lokasi eksplorasi hingga berhasil diabadikan salah seorang tim eksplorasi bernama Asri Ali Gessa.

“Saya mengapresiasi temuan tersebut. Dimana hal ini membuktikan bahwa keragaman biodiversitas di Bukit Semujan sangat tinggi,” ujarnya, Minggu (29/4/2018).

Arief berharap, agar ada upaya tindak lanjut atas hasil eksplorasi itu yakni dengan fokus pada beberapa spesies yang tergolong kritis seperti halnya Langur Borneo. “Kita harus tetap jaga spesies yang ada di lokasi eksplorasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator tim eksplorasi Bukit Semujan, Tulus Pambudi menyatakan, temuan Langur Borneo itu berkontribusi signifikan bagi dunia sains khususnya primata dalam konteks penambahan informasi.

“Selama ini International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) mencatat bahwa Langur Borneo hanya terdapat di 5 (lima) Taman Nasional di Malaysia. Temuan di Indonesia khususnya di TNDS ini menjadi menarik karena IUCN, catatannya hanya ada di lima TN di Malaysia,” ungkapnya.

sumber: http://pontianak.tribunnews.com

Related Posts

  • 49
    Johannesburg - Tahun 2015, polisi di ibu kota Mozambik,Maputo, menangkap sekelompok pria dan menyita cula badak, sejumlah besar dolar, segepok mata uang lokal, dan -yang agak tidak biasa- empat karung beras. Dua pria yang ditangkap adalah warga Korea Utara yang mengaku sebagai diplomat yang bertugas di Afrika Selatan. Uang jaminan untuk…
    Tags: yang, di
  • 34
    Para ilmuwan yang selama beberapa tahun bingung dengan 'keanehan genetika' dari populasi kecil orangutan di Pulau Sumatra, Indonesia, akhirnya menyimpulkan bahwa mereka merupakan spesies baru. Orangutan yang sempat menimbulkan pertanyaan itu dilaporkan keberadaannya setelah satu ekspedisi di hutan pegunungan terpencil Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, pada tahun 1997 lalu. Sejak…
    Tags: yang, itu, spesies, di