Katalog

Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dari Mangorve jenis Nipah.

KTH Sinar Nilam, Delta Mahakam

Selamat Datang, di Katalog Produk Mangrove

Katalog produk Kelompok tani hutan

Daftar Produk KTH

Rp 18.500

Sapu Gagang

Rp 7.500

Sapu Ikat

Rp 7.500

Sapu Kasur

Web
Rp 2.500

Eco-Poliybag

Resep-Ketupat
Rp 250

Ketupat

Potensi Nipah

Tegakan Nipah (nypa fruticans) menyebar sekitar 60% dari ekosistem mangrove diseluruh kawasan Delta Mahakam. Bagian yang dimanfaatkan hanyalah pucuk tua, dengan kemampuan regenerasi yang cepat, kegiatan ini tidak akan merusak lingkungan (ramah lingkungan).

Keunggulan

Harga lebih murah dari lidi kelapa namun kualitas jauh lebih bagus. Keunggulan lidi nipah adalah lentur dan susah dipatahkan, sehingga lidi akan lebih awet meskipun sering dipakai.

Welcome to get start your business.

Semua produk turunan ini berasal dari Nipah yang berlokasi di Lansekap Delta Mahakam, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bagian Nipah yang digunakan hanya pucuk yang sudah tua menggunakan sistem tebang pilih memperhatikan pertumbuhan riap pucuk. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan tegakan Nipah muda dan memberikan kesempatan pada pohon Nipah yang sudah dipanen untuk tumbuh kembali. Dari total 616 Ha area kelola PS, dan sudah 5 tahun aktif panen, baru sekitar 3-5 ha area yang pernah dipanen oleh KTH Sinar Nilam. Dengan total sudah melibatkan lebih dari 100 masyarakat lokal, setengah diantaranya merupakan perempuan yang berprofesi ibu rumah tangga maupun perempuan muda.

Dengan membeli produk KTH Sinar Nilam, anda telah berkontribusi untuk petani di Kecamatan Muara Jawa, turut menjaga iklim lingkungan di Kalimantan Timur dengan pemamenan yang ramah lingkungan, mendukung ekonomi dan cinta produk lokal, serta pemberdayaan perempuan.

Profil KTH

Kelompok Tani Hutan (KTH) Sinar Nilam

KTH Sinar Nilam merupakan kelompok bentukan Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Delta Mahakam.

Kelompok ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan No 64/02/14/1007/KTH.101/2020. Pada tahun 2022, KTH Sinar Nilam berkembang menjadi kelompok Perhutanan Sosial Hutan Kemasyarakatan (HKm) berdasarkan Surat Keputusan No 1902/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/4/2022.

KTH Sinar Nilam telah menjadi pelopor dalam pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) dari mangrove jenis Nipah. Kelompok ini terdiri dari 40 anggota dan mengelola wilayah seluas 616 hektar.

Sejak tahun 2018, KTH Sinar Nilam telah aktif dalam produksi lidi curah, bahkan berhasil mengekspornya ke Pakistan melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan. Total pengiriman lidi curah telah mencapai 125 ton, dengan rincian 14 ton pada tahun 2020, 25 ton pada tahun 2021, dan 25 ton pada tahun 2022. Selain lidi curah, kelompok ini juga memproduksi bahan untuk ketupat yang didistribusikan ke Kota Samarinda.

"KTH Sinar Nilam adalah contoh nyata dari upaya kreatif dan berkelanjutan dalam pemanfaatan sumber daya hutan untuk kesejahteraan masyarakat, menjadikannya sebagai salah satu kelompok unggulan di bidang produksi HHBK dari mangrove Nipah"

Klien dan Mitra

©2023. Yayasan TITIAN LESTARI

X