Yayasan Titian adalah organisasi nirlaba yang mandiri, berfungsi untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang memastikan kelestarian ekosistem untuk mendukung sumber‐sumber penghidupan bersama masyarakat, sektor swasta dan pemerintah melalui praktek pengelolaan sumber daya alam terbaik dan pemberdayaan masyarakat dengan lingkup kerja nasional dengan sumber dana berasal dari usaha mandiri, lembaga dana, sumbangan para pihak yang tidak mengikat serta tidak terlibat dalam perusakan lingkungan, pelanggaran HAM, dan hasil korupsi.

Titian sebagai organisasi terdepan yang kredibel dalam mewujudkan praktek pengelolaan SDA terbaik bersama masyarakat.

Melakukan kajian dan pengembangan konsep dan praktek dalam pengelolaan SDA yang memastikan kelestarian ekosistem untuk mendukung sumber‐sumber penghidupan.

Melakukan penguatan masyarakat, terutama kelompok rentan dalam pengelolaan SDA yang memastikan kelestarian ekosistem untuk mendukung sumber‐sumber penghidupan.

Mendorong penegakan hukum dan peneyempurnaan kebijakan dalam pengelolaan SDA di Indonesia untuk mewujudkan good natural resources governance.

Menjadikan Titian sebagai lembaga yang memiliki ketegasan sikap dan komitmen terhadap kelestarian ekosistem untuk mendukung sumber‐sumber penghidupan, dan mampu mengembangkan inovasi‐inovasi pengelolaan SDA berbasis data dan informasi yang valid.